men Share berbagai ilmu pengetahuan ,Sains ,dan Teknologi secara islami dan Holistik
Assalamu'alaikum wr wb selamat datang di blog saya :)pengen baca-baca sambil ndengerin musik monggo klik tombol play di bawah ini

Senin, 17 Desember 2012

Metode Belajar "Habits"

Assalamu'alaikum wr . wb

Ketemu lagi nih temen-temen, kembali saya akan Sharing sedikit pengetahuan yang saya punya ,Bagi temen-temen yang sekarang posisinya sebagai pelajar atau mahasiswa cocok banget nih baca page ini , lhaa kenapa ? karena kali ini saya akan sedikit memaparkan tentang Metode Belajar ,


Nihh ,saya punya metode atau belajar tanpa motivasi dan tanpa mikir , tuuh coba bayangin ,enak kan !
Suatu hari ,saya mendapat sms dari teman kuliah saya ,dia bertanya, "Gimana sih caranya supaya belajar itu bisa masuk dan nyantol di kepala ,supaya ndak cepet hilang dan terus bermanfaat sepanjang hayat?"
Nahh ,dari situ saya mendapat ide buat menShare jawaban atas pertanyaan teman saya tadi !


Sebelum saya kasih tahu metode belajar yang mudah ,saya mau sedikit cerita nih ,
Suatu masa ada tokoh yang bernama Imam Asy Syafi'i , Beliau ini adalah seorang yang Intelek ,kenapa saya menyebut beliau ini orang yang mempunyai kemampuan intelektual yang tinggi ,karena beliau mempunyai segudang kelebihan ,diantaranya yaitu :
Mampu menghafalkan Al Qur’an pada saat berumur 7 tahun
Mampu menghafalkan keseluruhan isi kitab Muwaththa’ imam Malik saat berumur 12 tahun
Hafalan beliau tentang nasab dan sejarah Arab menyamai Ibnu Hisyam
Dari 20 lemparan panah beliau yang tepat sasaran adalah 19 anak panah
Belum lagi sya’ir-sya’ir Arab yang beliau kuasai
dari contoh tokoh diatas ,kalo kita fikirkan ,"Gimana cara belajarnya yaa?"
Contoh Tokoh lain yaitu "Muhammad Al-Fatih"


,siapakah dia ? Al-Fatih adalah orang yang berhasil menguasai wilayah Konstantinopel tahun 1453 , Mengapa beliau bisa menorehkan prestasi yang begitu luar biasa ? karena sejak kecil beliau dididik dengan intensif oleh ulama pilihan ,diantaranya Syaikh Aaq Syamsuddin,
menguasai 7 bahasa ketika berumur 23 tahun yaitu bahasa Arab,Turqi,Persia Bahasa ibunya ,Yunani dan Latin Bahasa Internasional pada saat itu ,Yahudi,Persia,Perancis, maka tidak heran jika tingkat kecerdasan seseorang di tentukan dari berapa jumlah bahasa atau jumlah kosa kata yang kita kuasai.
menjadi gubernur ibukota ketika berumur 21 tahun
semenjak baligh hingga meninggal tak pernah meninggalkan rawatib dan tahajjud
Lebih luar biasa lagi Prestasi yang beliau torehkan,
Namun Jangan menyerah ,karena kita juga bisa mempunyai keahlian seperti tokoh diatas, Terus gimana caranya ?
Sebenarnya Bukan bakat yang lebih berpengaruh dalam keahlian atau ketidak ahlian seseorang,
melainkan sesuatu yang lain, yaa inilah yang akan kita kenal sebagai HABITS (Kebiasaan)
Gimana cara membentuk Habits ?
Jawabannya adalah : Practice dan Repetition
Practice berfungsi untuk menetukan apakah aktivitas yang akan dilakukan sudah benar atau belum, tepat sasaran atau tidak ,sedangkan pengulangan akan menyempurnakannya
Butuh waktu 21 hari saja untuk membentuk yang namanya Habits.

Hai orang-orang mukmin, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu. (TQS.Muhammad : 7)
Jika temen-temen pengen tau gimana cara belajar bahasa Arab dengan cepat ,Jawabannya simple "Makan Kurma
" tapi... makannya harus di arab juga
Cara manguasai bahasa Jepang dengan cepat maka "Makan Sushi" tapi makannya di jepang .hehehe :)
Jadi kesimpulannya cara belajar yang efektif adalah : Repeat and Remember (Ulangilah untuk mengingat dan Ingatlah untuk Mengulangi).

Sekian yang bisa saya Share kan kepada teman-teman , jika ada pertanyaan atau yang pengen tahu Video tentang Muhammad Al-Fatih  ,Insya Allah lain waktu saya buat Linknya ,atau langsung Download aja di YouTube
Thanks n_n

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Siiph dheg....
o_O

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger